Sabtu, 22 Juni 2013

Ngorok atau Sleep Apnea



Ayo siapa yang tidurnya ngorok,.. Wah perlu ditangani segera agar tidak mengganggu orang di keluarga, . Yuk terapi Ngorok atau Sleep Apnea bahasa dokternya.

DEFINISI
Mendengkur atau dalam bahasa awam dikatakan mengorok (dalam bahasa medis diistilahkan OSA; Obstructive Sleep Apnea), merupakan hal yang tidak menyenangkan, baik bagi penderita sendiri maupun orang yang mendengarnya.

Hal tersebut disebabkan karena adanya hambatan/sumbatan aliran udara pada saat kita bernapas. Banyak faktor yang menyebabkannya, mulai dari daerah rongga hidung, rongga tenggorokkan, rongga mulut dan rongga kerongkongan/pernapasan.

Hambatan pada rongga hidung bisa disebabkan pembengkakan tulang hidung (konka), tulang hidung yang bengkok, dan adanya polip hidung. Sumbatan pada rongga tenggorokkan dan mulut dapat disebabkan adanya pembesaran amandel (adenoid dan tonsil), adanya kelainan pada langit-langit mulut (palatum dan uvula), penebalan dinding belakang tenggorokkan.

Hambatan pada rongga kerongkongan/pernapasan dapat disebabkan adanya kelainan pada anak lidah (epiglottis) dan adanya penyempitan di saluran napas (trakea), kelebihan berat badan (obesitas) dapat juga menyempitkan saluran napas bagian atas.

Akibat mendengkur yang berat, kondisi badan biasanya pada pagi hari kurang segar, mudah lelah, mengantuk, dan dapat juga mengganggu jantung paru.

Untuk mengurangi mendengkur dapat dilakukan dengan tidur miring. Pengobatan mendengkur/mengorok ini disesuaikan dengan penyebabnya, jadi harus diperiksa semua bagian yang dilalui udara pada waktu kita bernapas.

Penelitian lain

Kadar oksigen normal manusia saat tidur adalah 90%-100%. Penderita sleep apnea bisa turun jauh di bawah itu. Penelitian di Spanyol tahun lalu menemukan bahwa mereka yang mengalami penurunan kadar oksigen hingga di bawah normal saat tidur, mempunyai risiko terkena kanker hingga 68%. Penelitian yang diterbitkan pada the American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine itu menyebutkan bahwa penderita sleep apnea memiliki risiko 4,8 kali lebih besar untuk meninggal karena kanker.

Beberapa penelitian di AS menyebutkan angka penderita sleep apnea sejumlah 3% sampai 20% dari penduduk. Sementara yang benar-benar terdiagnosa baik dan dirawat hanya 20% nya saja. 80% sisanya tidak mendapat perawatan apa-apa. Artinya sekian banyak penderita sleep apnea tetap menanggung risiko kesehatan yang tidak ringan.

Di Indonesia belum ada penelitian berskala besar tentang sleep apnea. Tetapi melihat penelitian-penelitian di negara-negara lain, diduga jumlahnya tak jauh berbeda. Lihat saja di sekeliling kita, rekan atau kerabat, pasti ada yang mendengkur.

Bagi seorang dokter ahli kesehatan tidur, sleep apnea bukanlah gangguan tidur yang sepele. Sleep apnea telah diketahui berakibat langsung pada hipertensi, kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengakibatkan penyakit diabetes, stroke dan impotensi. Belum lagi akibatnya pada kualitas hidup yang disebabkan oleh hipersomnia atau kantuk berlebihan. Jika ada kerabat atau sahabat yang mendengkur, peringatkan. Anda menyelamatkan nyawanya.

Mahowald mengingatkan, setiap orang harus berhati-hai dalam memilih obat baik dalam bentuk spray atau pil yang menjanjikan bisa menghentikan dengkuran."Ada banyak jenis spray, pil dan tablet yang mengklaim bisa menghentikan dengkuran, tetapi saya belum melihat ada data ilmiah yang mendukung klaim ini," terang Mahowald. Untungnya, Anda bisa berhenti mendengkur dengan mengubah gaya hidup dan melakukan penyembuhan alami.

Berikut ini, ada lima cara alami mengatasi problem tidur ngorok anda, Semoga bermanfaat
 
1. Ubahlah posisi tidur Anda

Dengkuran disebabkan oleh langit-langit lunak, uvula, lidah, tonsil dan atau otot-otot di bagian belakang tenggorokan saling bergesekan satu sama lain dan menimbulkan bunyi bervibrasi selama Anda tidur. "

Jadi, pada dasarnya, dengkur akan terjadi hanya jika Anda berbaring dengan punggung dan lidah jatuh ke belakang dan meningkatkan penahanan udara," terang Mahowald.

"Tidur dengan menghadap ke samping akan membantu Anda berhenti mendengkur." Anda juga bisa menaikkan bagian kepala tempat tidur Anda sekitar 4 inchi. Anda bisa meletakkan benda di bawah matras.

Akan tetapi, ketika dengkur Anda semakin membaik, itu tetap bisa terjadi saat Anda tidur menghadap ke samping atau dengan menaikkan kepala. Anda mungkin tetap mendengkur sepanjang malam walaupun telah memperbaiki posisi tidur. Kalau begitu, sudah saatnya mengubah gaya hidup Anda.

2. Turunkan 10% berat badan Anda

Menurut Mahowald, orang-orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki jaringan tebal di leher yang meningkatkan risiko mendengkur. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan sedikit berat badan, bahkan hanya 10% dari berat badan Anda, akan membantu hentikan dengkuran.

3. Hindari alkohol dan obat penenang

"Apapun yang membuat tenang seperti pil tidur dan alkohol dalam kadar rendah bisa menyebabkan dengkuran karena bahan ini cenderung menekan aliran napas," ujar Robert W. Clark, MD, Direktur Medis Pusat Kelainan Tidur di Columbus Community Hospital, Ohio.

Jika Anda mendengkur karena minum alkohol dan menggunakan obat penenang, sebaiknya mulai hentikan salah satu atau kedua-duanya.

4. Menghirup uap sebelum tidur

Alat pelega napas seringkali menyebabkan dengkuran. Menurut Clarke, Anda lebih baik melegakan hidung mampet dengan menghirup uap dalam-dalam melalui hidung. Sediakan air panas dan tutuplah kepala Anda dengan handuk. Menghirup uap panasnya akan mengencerkan mucus penyebab hidung mampet.

5. Cobalan nasal strip

Studi menunjukkan, nasal strip bisa meredakan hidung mampet serta membantu berhenti mendengkur."Bernapas jauh lebih mudah jika lubang hidung terbuka lebar, jadi nasal strip yang digunakan pada hidung bisa membantu jika dengkuran disebabkan oleh masalah hidung. Tetapi, seringkali dengkuran disebabkan oleh masalah pada lidah atau langit-langit lembut dan bukan hidung.

Bekam merupakan pengobatan alami Thibbun Nabawi, InsyaAllah dengan berbekam kita menjadi sehat dan selalu Bersyukur atas ni'mat yang telah diberikan-Nya. Gunakan waktu sehat anda untuk selalu berbuat baik atas sesama. 

Bekam dengan hizib Rumah terapi medis Hamim Ba Al-Muayyad menerima panggilan untuk terapi bekam, gurah, ear candle, terapi Pijat dan juga pengobatan ruqyah di nomer 085850006549 atau 085287690009.

Wallahul Muaffiq ilaa aqwamithoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Sumber http://sleepclinicjakarta.tblog.com/ http://sehat-enak.blogspot.com

Tidak ada komentar: