Kamis, 13 Juni 2013

Manfaat Matahari Bagi Kesehatan

WALAUPUN kebanyakan dari orang tahu bahaya akan sengatan matahari dapat menyebabkan kanker kulit, namun sinar matahari juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dengan paparannya.Lantas, apa saja manfaat dari sinar matahari untuk tubuh?
Berikut ulasannya.

Menguatkan gigi
Beberapa penelitian mengklaim sinar matahari dapat memberikan senyum gigi kita menjadi lebih baik dengan membantu memproduksi vitamin D. Sementara itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Hal ini karena ligament kecil yang menempel di sekitar gigi kita ke tukang menjadi lemah sehingga kita mudah kehilangan gigi, akibatnya gigi menjadi berlubang.

“Vitamin D mengatur produksi peptide antimikroba cathelicidin dan beta-defensin-2 yang dapat mengurangi bakteri mulut penyebab penyakit gusi. Ditambah vitamin D juga bisa memperkuat dan meningkatkan  kualitas tulang di sekitar gigi,” Chris Barrowman, seorang dokter gigi yang dikutip Mirror.

Mengontrol suhu tubuh
Ketika kita terbiasa dengan cuaca panas, tubuh kita akan mulai berkeringan lebih efisien, dan biasanya seseorang merasa jauh lebih baik pada akhir musim panas daripada di awal. Penelitian telah menunjukkan bahwa berkeringat adalah cara alami tubuh kita melakukan peralihan secara bertahap dari aktivitas berat menuju ke waktu istirahat.



“Tubuh Anda dapat belajar untuk menyesuaikan diri dalam dua sampai tiga minggu untuk memaksimalkan pelepasan panas,” tutur Dr. Dee Anna Glaser, seorang dermatolog di Saint Louis University yang berbasis di AS.
Meningkatkan penglihatan
Manfaat Matahari Bagi Kesehatan
Meskipun memakai kaca mata hitam pada hari-hari yang cerah untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya adalah pilihan bijaksana, namun vitamin D ternyata juga dimungkinkan dapat menjaga kesehatan penglihatan Anda.

“Para peneliti perlu menjalankan uji klinis penuh pada manusia sebelum kita dapat mengatakan dengan yakin bahwa orangtua harus mengonsumsi suplemen vitamin D,” tandas Profesor Glen Jeffery.


Bisa juga untuk terapi kesehatan, misal untuk penyakit akibat darah beku, berlari atau jogging atau berjalan kaki atau naik sepeda di bawah sinar matahari sekitar pukul 08.00 Wib, sangat bagus untuk terapi alami.



Sumber okezone.com

Tidak ada komentar: